Placeholder image
Home > Strategi

Fakta Gajah

Gajah Sumatera (Elephas maximus) saat ini, terutama seluruh gajah Asia dan sub-spesiesnya, termasuk satwa terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah spesies terancam punah yang keluarkan oleh Lembaga Konservasi Dunia –IUCN, termasuk Gajah Sumatera. (Sumber WWF Indonesia)

Strategi

Strategi Konservasi Gajah Indonesia

Strategi konservasi gajah Indonesia saat ini memang sudah cukup tua, yaitu pada saat pertemuan para ahli pergajahan sewaktu di Lampung pada tahun 1992. Sampai dengan saat ini, belum ada pengganti yang baru. Oleh karena itu, pada bulan Agustus 2007 lalu telah diadakan serangkai pertemuan untuk membuat bagaimana rencana strategis dan rencana aksi konservasi Gajah Sumatera dan Gajah Kalimantan dapat dilaksanakan untuk masa 10 tahun ke depan (2017).

Selengkapnya

Upaya Jangka Pendek

  • Mensosialisasikan forum konservasi gajah Indonesia kepada pihak pemerintah di tingkat pusat dan daerah, lembaga non pemerintah dan pihak terkait lainnya di tingkat nasional dan internasional.
  • Membantu dan bekerjasama dengan pemegang kebijakan dalam pembuatan rencana aksi nasional (National Action Plan) untuk konservasi gajah.
  • Mensinergikan rencan aksi nasional konservasi gajah dengan pembangunan tata ruang pemerintah di tingkat daerah.
  • Mendampingi pemegang kebijakan di tingkat daerah dan nasional dalam mengembangkan rencana pengelolaan konservasi gajah ex-situ

Selengkapnya

Penanggulangan Konflik Gajah

Tindakan mitigasi konflik gajah dan manusia (KGM) harus dilakukan secara hati-hati, karena menyangkut keselamatan manusia dan gajah itu sendiri, serta setiap kegiatan mitigasi KGM yang dilakukan membutuhkan biaya besar.. Keputusan tindakan mitigasi KGM harus berdasarkan analisa yang dilakukan oleh orang-orang atau instansi yang telah memahami dan berpengalaman dalam mitigasi KGM.

Selengkapnya