Placeholder image
Home > Selamat Hari Gajah

Fakta Gajah

Gajah Sumatera (Elephas maximus) saat ini, terutama seluruh gajah Asia dan sub-spesiesnya, termasuk satwa terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah spesies terancam punah yang keluarkan oleh Lembaga Konservasi Dunia –IUCN, termasuk Gajah Sumatera. (Sumber WWF Indonesia)

Selamat Hari Gajah

Agustus 12, 2017 10:56 am |

Hari ini, 12 Agustus merupakan hari Gajah se-dunia. Hari gajah diperingati untuk mengingatkan kita semua akan besarnya tingkat kehilangan dan kepunahan gajah di seluruh dunia saat ini. Besarnya tingkat ancaman, holangnya habitat dan tingginya tingkat kematian gajah, menyebabkan beberapa populasi gajah di dunia mengalami tingkat penurunan populasi yang tinggi.

Indonesia saat ini mempunyai dua anak jenis Gajah Asia, Gajah Sumatera dan Gajah Kalimantan. Peningkatan status konservasi gajah sumatera dalam IUCN Redlist di tahun 2012 dari Genting menjadi Kritis mengindikasikan keseriusan tingkat keterancaman satwa yang hidup dalam ikatan sosial yang kuat. Kondisi tersebut juga menunjukkan kerentanan ekosistem Sumatera, dimana jutaan manusia dan beragam mahluk lain hidup dan saling membutuhkan. Pemulihan gajah dan ekosistem Sumatera menjadi keharusan jika kita ingin mewariskan alam dengan daya dukung dan fungsi habitat alami yang baik bagi generasi di masa datang.

Pemulihan populasi gajah sumatera memerlukan upaya terintegrasi dan perubahan mendasar yang melibatkan berbagai pihak terkait. Namun, sejak peningkatan status tersebut, belum terlihat adanya upaya perbaikan pengelolaan terpadu yang terukur. Upaya-upaya untuk menekan ancaman dan konflik pun terlihat masih sangat jauh dari yang diharapkan.

Di hari gajah ini, mari kita satukan langkah dan niat untuk mendukung konservasi gajah di Indonesia.