Placeholder image
Home > Penegak Hukum Dinilai Tak Serius Jerat Otak Pelaku

Fakta Gajah

Gajah Sumatera (Elephas maximus) saat ini, terutama seluruh gajah Asia dan sub-spesiesnya, termasuk satwa terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah spesies terancam punah yang keluarkan oleh Lembaga Konservasi Dunia –IUCN, termasuk Gajah Sumatera. (Sumber WWF Indonesia)

Penegak Hukum Dinilai Tak Serius Jerat Otak Pelaku

Januari 23, 2016 1:29 pm |

PEKANBARU, KOMPAS — Vonis hakim Pengadilan Negeri Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau, terhadap empat terdakwa pembunuhan tiga ekor gajah di hutan Pelalawan, di satu sisi mendapatkan apresiasi organisasi pemerhati lingkungan. Namun, di sisi lain, kasus itu menyisakan pertanyaan besar yang mengusik rasa keadilan publik karena penegak hukum tidak membawa auktor intelektualis pembantaian satwa langka itu ke pengadilan.

”Kami sangat heran mengapa penegak hukum tidak mampu menjadikan Fadli sebagai tersangka. Kami sangat berharap putusan PN Pangkalan Kerinci dapat menjadi titik masuk memeriksa Fadli untuk meminta pertanggungjawaban perbuatannya di muka hukum,” ujar Made Ali, Koordinator Riau Corruption Trial, organisasi pemerhati kasus korupsi dan pidana lingkungan Riau, yang dihubungi pada Jumat ( 22/ 1).

Download Berita (PDF) | Sumber KOMPAS