Placeholder image
Home > Menyelamatkan Gajah Duri

Fakta Gajah

Gajah Sumatera (Elephas maximus) saat ini, terutama seluruh gajah Asia dan sub-spesiesnya, termasuk satwa terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah spesies terancam punah yang keluarkan oleh Lembaga Konservasi Dunia –IUCN, termasuk Gajah Sumatera. (Sumber WWF Indonesia)

Menyelamatkan Gajah Duri

Maret 16, 2016 12:41 pm |

Wajah S Gurning (53), akhir Februari lalu, tampak kusut. Petani kelapa sawit di Dusun Pungut 5, Desa Balai Pungut, Kecamatan Pinggir, Duri, Kabupaten Bengkalis, Riau (sekitar 120 kilometer dari Pekanbaru), itu tidak dapat menyembunyikan kekesalannya. Sehari sebelumnya, puluhan gajah merusak 50-an tanaman kelapa sawitnya.

”Gajah kalian itu merusak kebunku. Tahun depan, semestinya sawit itu sudah berbuah. Ini sudah tiga kali terjadi. Padahal, kebunku ini tidak masuk hutan lindung,” gerutu Gurning, yang berasal
dari Kisaran, Sumatera Utara.

Zulhusni Syukri (33), Ketua Himpunan Pegiat Alam (Hipam) Duri, yang duduk di sebelah Gurning, mendengarkan sumpah serapah pria Batak itu dengan sabar. Tidak sedikit pun dia membantah atau memotong pembicaraan.

Download Berita (PDF) | Sumber KOMPAS