Placeholder image
Home > Kematian Cenderung Dibiarkan

Fakta Gajah

Gajah Sumatera (Elephas maximus) saat ini, terutama seluruh gajah Asia dan sub-spesiesnya, termasuk satwa terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah spesies terancam punah yang keluarkan oleh Lembaga Konservasi Dunia –IUCN, termasuk Gajah Sumatera. (Sumber WWF Indonesia)

Kematian Cenderung Dibiarkan

Februari 28, 2016 1:41 pm |

JAMBI, KOMPAS —Dari 152 kasus kematian gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) selama 2012-sekarang, hanya tiga kasus yang bisa diungkap aparat penegak hukum. Sebagian besar kasus mengendap begitu saja tanpa pernah berhasil menjerat pelaku. Bahkan, kasus ini diduga melibatkan aparat.

Empat kasus itu salah satunya pembantaian gajah Papa Genk di Aceh pada 2012 yang melibatkan 14 pelaku. Di meja hijau, tersangka hanya dijerat hukuman percobaan 8 bulan. Kasus lain adalah pengungkapan jaringan pemburu gading di Riau. Dalam persidangan di Pengadilan Negeri Bengkalis dan Pangkalan Kerinci, dua kasus yang melibatkan jaringan sama itu, pelaku dijerat antara
12-13 bulan dan 2 tahun 6 bulan penjara. Namun, pada persidangan kedua, Fadli, pemodal dan otak perburuan gading itu, tidak terbebas dari status sebagai terdakwa.

Download Berita Pertama (PDF) | Download Berita Bagian Kedua (PDF) |Sumber KOMPAS