Placeholder image
Home > Amankan Jalur Jelajah Gajah

Fakta Gajah

Gajah Sumatera (Elephas maximus) saat ini, terutama seluruh gajah Asia dan sub-spesiesnya, termasuk satwa terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah spesies terancam punah yang keluarkan oleh Lembaga Konservasi Dunia –IUCN, termasuk Gajah Sumatera. (Sumber WWF Indonesia)

Amankan Jalur Jelajah Gajah

Februari 29, 2016 1:44 pm |

JAMBI, KOMPAS — Pengamanan wilayah dan intelijen terhadap jaringan pemburu dan perdagangan satwa-satwa kunci, termasuk gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus), perlu diperkuat. Hal ini untuk mengantisipasi kepunahan spesies dilindungi ini.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, yang membidangi masalah lingkungan hidup, Poprianto, mengatakan, di ekosistem Bukit Tigapuluh saja tinggal 140 gajah, itu pun ancaman kepunahannya sangat tinggi. Selain tingginya konflik gajah dan penduduk setempat, pihaknya juga mendapati banyak akses liar dalam hutan, serta titik-titik pembalakan dan tambang liar baru di
sekitar Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT). ”Pembalakan liar bahkan sudah masuk ke kawasan taman nasional,” ujarnya, Minggu (28/2).

Download Berita (PDF) | Sumber KOMPAS